Senin, 21 Oktober 2013

TUGAS

ADADASDASDASDASD

Senin, 04 Maret 2013

LIHAT HASIL TRY OUT ANDA

HASIL TRY OUT ONLINE DAPAT DILIHAT DISINI
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATA PELAJARAN IPA

Sabtu, 28 April 2012

Kebocoran Soal UN Harus Disikapi Secara Bijak

Maraknya informasi seputar kebocoran soal UN 2012 masih saja merebak di tengah-tengah kita yang mendambakan penyelenggaraan pendidikan yang lebih bermartabat.  Slogan Prestasi dan Jujur Yes! dalam penyelenggaraan UN 2012 kayaknya masih belum menyentuh hati nurani para pelaku dalam kegiatan UN secara menyeluruh.
Sebagai orang awam, kiranya kita mesti menyikapi keseluruhan dinamika dalam penyelenggaraan pendidikan, khususnya pelaksanaan UN dengan bijak.  Apakah mungkin semua kecurangan yang terjadi itu sebagai pemberontakan terhadap UN itu sendiri? Hal-hal yang masih dirasa kurang adil, hal-hal yang dirasa membebani, hal-hal yang dirasa memojokkan, masih terasakan oleh pihak-pihak seperti siswa, sekolah, dan masyarakat masih ada dalam penyelenggaraan UN.  Yu coba kita analisis bersama-sama suapaya ilmiah dan bisa diterima semua pihak.  Namun sebelumnya saya mohon maaf, saya orang awam yang tidak mengerti dan paham sepenuhnya akan persoalan UN ini.  Namun keprihatinan terhadap pelaksanaan UN yang terjadi dari tahun ke tahun yang membuat saya mencoba menulis artikel ini.  nanti dilanjut ...... ya!

Jumat, 20 April 2012

BAGAIMANA SEBAIKNYA SEKOLAH DIURUS?

Pertanyaan seputar kualitas penyelenggaraan pendidikan sekolah senantiasa terlontar setiap saat.  Orang-orang pandai pernah mengatakan, sampai usia puluhan tahun, sekolah kok gitu-gitu aja. Melihat SD, SMP, SMA yang dulu pernah kutapaki, kok masih gitu-gitu aja.  Gedungnya sih udah lain, guru-gurunya juga udah lain, tapi kayaknya kok masih gitu-gitu aja. Sama saja kaya waktu dulu aku sekolah di sana.

Sebenarnya untuk saat ini udah banyak ukuran-ukuran yang dibikin oleh orang-orang pandai utnuk membedakan level kemajuan sekolah.  Menurut peraturannya sih harusnya ada 8 standar yang mesti dipenuhi supaya pendidikan sekolah dikategorikan level sekolah nasional.  Bahkan ada lagi peraturan tentang standar pelayanan minimal yang mesti dimiliki dan diterapkan oleh penyelenggara sekolah.  Bahkan setiap empat tahun sekali secara komprehensip dinilai melalui kegiatan yang disebut akreditasi.  Tapi ujungnya sampai saat ini kok masih gitu-gitu aja.

Emang sih ada, bahkan saya yakin banyak sekolah sekolah yang udah maju.  Bahkan udah punya ISO-ISO an segala. Tapi kayaknya, kalau dibandingkan, masih lebih banyak sekolah yang masih gitu-gitu aja dibandingkan dengan sekolah yang maju itu. Mesti ada yang salah dari keseluruhan sistem yang udah dibangun dengan susah payah ini.  Kalo nyari yang salah pasti akan banyak daftar yang bisa dibuat.  Tapi akan percuma juga kalo membicarakan yang salah-salah.  Baiknya sih bicara aja bagaimana yang benarnya. 

Sok atuh gimana yang benarnya?
Mending saya tanyakan lagi kepada yang ngebaca, ya!

Kamis, 06 Oktober 2011

BELUM ADA JUDUL

Pengumuman Sertifikasi Guru 2011 Iraha nya euy pengumuman sertifikasi guru 2011 Saha wae nu lulus sertifikasi guru 2011