Jumat, 20 April 2012

BAGAIMANA SEBAIKNYA SEKOLAH DIURUS?

Pertanyaan seputar kualitas penyelenggaraan pendidikan sekolah senantiasa terlontar setiap saat.  Orang-orang pandai pernah mengatakan, sampai usia puluhan tahun, sekolah kok gitu-gitu aja. Melihat SD, SMP, SMA yang dulu pernah kutapaki, kok masih gitu-gitu aja.  Gedungnya sih udah lain, guru-gurunya juga udah lain, tapi kayaknya kok masih gitu-gitu aja. Sama saja kaya waktu dulu aku sekolah di sana.

Sebenarnya untuk saat ini udah banyak ukuran-ukuran yang dibikin oleh orang-orang pandai utnuk membedakan level kemajuan sekolah.  Menurut peraturannya sih harusnya ada 8 standar yang mesti dipenuhi supaya pendidikan sekolah dikategorikan level sekolah nasional.  Bahkan ada lagi peraturan tentang standar pelayanan minimal yang mesti dimiliki dan diterapkan oleh penyelenggara sekolah.  Bahkan setiap empat tahun sekali secara komprehensip dinilai melalui kegiatan yang disebut akreditasi.  Tapi ujungnya sampai saat ini kok masih gitu-gitu aja.

Emang sih ada, bahkan saya yakin banyak sekolah sekolah yang udah maju.  Bahkan udah punya ISO-ISO an segala. Tapi kayaknya, kalau dibandingkan, masih lebih banyak sekolah yang masih gitu-gitu aja dibandingkan dengan sekolah yang maju itu. Mesti ada yang salah dari keseluruhan sistem yang udah dibangun dengan susah payah ini.  Kalo nyari yang salah pasti akan banyak daftar yang bisa dibuat.  Tapi akan percuma juga kalo membicarakan yang salah-salah.  Baiknya sih bicara aja bagaimana yang benarnya. 

Sok atuh gimana yang benarnya?
Mending saya tanyakan lagi kepada yang ngebaca, ya!

Tidak ada komentar: