Sabtu, 28 April 2012

Kebocoran Soal UN Harus Disikapi Secara Bijak

Maraknya informasi seputar kebocoran soal UN 2012 masih saja merebak di tengah-tengah kita yang mendambakan penyelenggaraan pendidikan yang lebih bermartabat.  Slogan Prestasi dan Jujur Yes! dalam penyelenggaraan UN 2012 kayaknya masih belum menyentuh hati nurani para pelaku dalam kegiatan UN secara menyeluruh.
Sebagai orang awam, kiranya kita mesti menyikapi keseluruhan dinamika dalam penyelenggaraan pendidikan, khususnya pelaksanaan UN dengan bijak.  Apakah mungkin semua kecurangan yang terjadi itu sebagai pemberontakan terhadap UN itu sendiri? Hal-hal yang masih dirasa kurang adil, hal-hal yang dirasa membebani, hal-hal yang dirasa memojokkan, masih terasakan oleh pihak-pihak seperti siswa, sekolah, dan masyarakat masih ada dalam penyelenggaraan UN.  Yu coba kita analisis bersama-sama suapaya ilmiah dan bisa diterima semua pihak.  Namun sebelumnya saya mohon maaf, saya orang awam yang tidak mengerti dan paham sepenuhnya akan persoalan UN ini.  Namun keprihatinan terhadap pelaksanaan UN yang terjadi dari tahun ke tahun yang membuat saya mencoba menulis artikel ini.  nanti dilanjut ...... ya!

2 komentar:

mastokkenari mengatakan...

kasus kebocoran UN menunjukkan masih kurangnya sikap nasionalis, untuk membangun bangsa yg lebih baik lagi. Ini hanya pendapat org awam spt sy ... :)

Gumanta-info mengatakan...

memang permasalahan UN ini setiap tahunnya menjadi sangat fenomenal gan,.. :D ini tidak akan beres kalau tidak ada kerjasama antar pihak..